Senin, 03 Juli 2017

Begini Fakta Sejarah 'Bambu Runcing'


Bagi bangsa Indonesia bambu runcing memiliki makna yang mendalam. Tidak ada gambar dan film sejarah yang tidak menampilkan bambu runcing, bahkan bambu runcing sudah seperti "senjata bangsa", yang menjadi identitas perjuangan Negeri ini.

lebih dari itu bambu runcing selalu digunakan sebagai semangat kebangsaan bahwa selogan yang sering kita dengar seperti, saat perjuangan kita bisa merdeka hanya dengan bambu runcing melawan senjata api. Namun bisa jadi sebagian diantara kita selalu menganggap bahwa bambu runcing adalah bagian dari kemiskinan dan keterbelakangan,ya tidak salah memang. BANDARQ ONLINE

Akan tetapi selalu ada fakta unik dalam setiap sejarah, begitu juga dengan bambu runcing, yang awal sejarahnya sangat unik. saat armada Jepang mendekati Pulau Jawa akhir Februari 1942, Belanda mengira akan menerjunkan pasukan payung Kalijati. Sehingga diperluaslah ribuan bambu yang diruncingkan ujungnya untuk menyambut pasukan para Jepang.

Ternyata Jepang mendarat di pantai laut dekat Eretan langsung menuju Subangdan mengancam Kalijati, yang segera jatuh juga. Ribuan bambu tadi (yang niatnya digunakan oleh Belanda untuk jebakan para penerjun payung Jepang) karena ujungnya runcing oleh jepang justru akhirnya dijadikan alat latihan baris-berbaris para pemuda Seinendan, Keibodan, Gkutotai, Hizbullah dan lain-lain.

Pasukan pemuda dengan penuh semangat mempergunakan "takeyari" ini untuk ditunjukan kepada musuh jepang yakni sekutu, termasuk Belanda. tapi setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, oleh para pejuang ditunjukan dan digunakan untuk melawan Jepang maupun Belanda, sehingga bisa dibilang senjata makan tuan. DOMINOQQ TERBAIK

Dikisahkan, Dr. Moestopo membakar ujungnya sampai hangus dan dimasukan kedalam kotoran kuda (telotong, Jawa). dan digunakan untuk menakut-nakuti Jepang, akhirnya jepang lari terbirit-birit karena takut tetanus, dan Jepang pun menyerah di ujung bambu runcing, dari sinilah awal mulai bambu runcing menjadi buah bibir para pejuang, tentu saja cara penggunaannya tidak hanya seperti itu. dalam periode selanjutnya bambu runcing digunakan untuk bertempur secara nyata.

Melawan senjata yang lebih modern, biasanya di bagian ujung banbu runcing selalu diikatkan kain dua warna, merah dan putih, sebagai simbol bendera yang dikibarkan saat proklamasi (saat itu belum mengenal bendera negara) untuk mengingatkan pejuang bahwa Indonesia telah merdeka. Karena bambu runcing baru muncul dalam perang dunia kedua, dan tidak pernah digunakan dalam perang tradisional seperti Perang Aceh maupun perang Dipenogoro, maka bisa dibilang bambu runcing termasuk "Senjata Modern, Tapi Sederhana" Bangsa Indonesia.

Keampuhan senjata ini diakui oleh bekas penjajah, yang terheran-heran, karena senjata tank-nya akhirnya dapat dihancurkan hanya dengan bambu runcing yang amat sederhana itu. Bambu runcing memang alat teramat sederhana, akan tetapi ditangan para pejuang heroik dan patriotik mempunyai keampuhan luar biasa, sehingga dapat mengalahkan persenjataan yang lebih modern, seperti diakui oleh penjajah di era terdahulu.

Bambu runcing sebagai weapon system merupakan perkembangan dari Perang Rakyat Semesta dalam Sishankamrata yang tergolong modern dibanding dengan perang konvensional yang tidak mengikutsertakan rakyat. Sistem persenjataan Indonesia mengenal adanya sistem senjata teknologi (sistek) dan sistem senjata sosial (sissos).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar